Optimasi SEO OnPage 2016

Optimasi SEO OnPage 2016


Cara-caranya :

- Optimasi SEO Title Tage

Gunakan title tage sebagai tempat pertama untuk meletakkan kata kunci. Kata kunci yang di letakkan di awal judul akan lebih baik dari kata kunci yang di letakkan di tengah judul awal belakang judul, tapi tidak semua harus meletakkan kata kunci di awal judul.

Anda bisa meletakkan kata kunci di awal judul apa bila kata kunci itu bisa memikat calon pengunjung blog Anda dan apa bila menurut Anda kurang menarik Anda bisa meletakkan kata kunci di tengah atau belakang judul.

- Optimasi SEO Meta Description

Meta description adalah nomer dua setelah judul yang harus di optimalkan. Kenapa meta desription harus di optimalkan? karena ketika seseorang mencari informasi melalui mesin pencari, Mata pertama kali akan memandang judul sebagai pilihan artikel mana yang pas untuk di cari dan ke dua meta description yang relevan dengan judul, sama dengan mesin pencari, mesin pencari juga akan mencari sebuah deskripsi yang relevan dengan judul. contoh gampang saja ketika Anda mencari sesuatu di google, lihat judul dan descripsi, perhatikan yang tampil pada halaman utama pasti sangat relevan sekalikan, maka itu yang harus Anda lakukan juga.

Usahakan panjang descripsi 165 karakter, karena google hanya menampilkan 165 karakter saja, maka usahakan meta deskripsi Anda benar benar menarik agar calon pengunjung meleleh ketika membaca meta deskripsi blog Anda dan akhirnya mereka memutuskan untuk mengklik link yang masuk ke blog Anda.

- Optimasi SEO Link atau url

Url atau di sebut juga dengan link ini tidak kalah menarik dengan meta deskripsi. Sering kita jumpai alamat url yang bervariasi ada yang pendek dan ada yang memanjang, banyak perdebatan tentang masalah url ini ada yang mengatakan gunakan link yang panjang sesuai judul blog Anda, karena url akan tampil dan berperan penting sama seperti meta deskripsi dan ada juga yang bilang buatlah alamat url yang singkat dan mudah untuk di ingat oleh orang.

Dari sebuah perdebatan di atas, saya menyimpulkan lebih baik Anda menggunakan url yang singkat namun berisi, maksudnnya buatlah link yang singkat dan relevan dengan mengandung kata kunci.

- Optimasi SEO Internal Link

Usahakan ketika Anda menulis artikel berikan internal link yang relevan dengan topik pembahasan Anda, seperti yang saya lakukan di atas, semua itu bertujuan untuk mendapatkan link juice, semakin banyak link juice akan berdampak positif bagi artikel kita.

- Optimasi SEO External Link

Selain memberi internal link pada sebuah artikel, external link juga sangat berpengaruh pada serp. Memberi External link atau link keluar dari situs kita, sangat membantu artikel kita menempati posisi baik di mesin pencari, apa lagi situs ersebut terbilang situs yang baru. Anda bisa mengambil contoh di situs MOZ, lihat cara mereka memberikan eternal link.

Anda harus tahu bahwa search engine spiders, melompat dari satu situs ke situs yang lain untuk mengumpulkan data yang relevan kemudian diseleksi baru di tentukan artikel mana yang relevan untuk tampilkan di halaman utama mesin pencari. Maka link keluar sangat berperan penting dalam SEO.

Kebanyakan dari kita pelit sekali memberi backlink untuk artikel yang biasa kita baca, padahal artikel tersebut memberi kita pelajaran yang bermanfaat bagi kita, apalagi dampak memberi link keluar untuk artikel kita sangat bagus. Untuk memberi external link, gunakan variasi Anchor text untuk target kata kunci agar lebih optimal.

- Optimasi SEO Pada Gambar

Gambar selain memberi artikel lebih berwarna dan mempermudah pembaca unuk memahami artikel kita, gambar juga memiliki dampak yang positive bagi situs kita, semakin pengunjung lama tinggal di situs kita, maka akan mendapatkan nilai plus bagi situs kita, karena semakin lama pengunjung tinggal di situs kita, akan mengurangi tingkat bouncing out rate. Seperti yang Anda tahu google menentukan artikel yang berkualitas juga melihat dari tingkat bouncing out rate, jika bouncing out rate Anda tinggi, artikel Anda akan di anggap tidak berkualitas oleh google.

alt tag merupakan optimasi seo yang digunakan untuk optimasi gambar, robot txt tidak bisa melihat gambar yang ada dipostingan kita, namun dengan menggunakan atribut alt ini robot txt bisa mendeteksi gambar di blog kita. semua platform website sudah banyak yang mendunkung dengan atribut ini, silahkan optimalkan gambar kalian agar gambar postingan kalain bisa berada dipencarian.

- Optimasi SEO H1 Tag Untuk Judul Artikel

Pastikan setiap judul artikel menempati posisi tag H1, dan pastikan tag H1 hanya ada satu dalam sebuah templat. Anda bisa cek judul artikel blog Anda.

Sebenarnya hal ini tidak begitu rumit, karena jika Anda sudah menggunakan templat seo friendly yang gratis atau premium pun, biasanya sudah di setting TAG H1 untuk judul postingan, namun jika Anda masih menggunakan Templat bawaan blogger, silahakan Anda mengganti, karena templat bawaan blogger secara defoult H1 untuk judul blog dan dan H2 untuk judul postingan, Jadi hal ini tidak seo friendly.


# Mengoptimalkan Kata Kunci

Kata kunci sangat berperan penting dalam optimasi seo on page, maka melakukan riset kata kunci sebelum membuat artikel sanga di sarankan. Google sendiri sangat memperhatikan kepadatan kata kunci dan cara penempatan kata kunci, penempatan kata kunci yang relevan akan lebih mudah di index oleh search engine spider.

Kepadatan kata kunci juga sangat perperan, walaupun banyak di antara pakar seo menpunyai pandangan yang berbeda, ada yang bilang kepadatan kata kunci dengan kata kunci yang di ulang ulang asal tidak mengurangi kualitas artikel itu tidak masalah dan ada sebagian yang mengatakan kata kunci idak perlu terlalu banyak sekitar 3% dari artikel, karena semakin banyak kata kunci akan di takutkan sebagai spammer oleh google.

- Mengoptimalkan Kata Kunci Ekor Panjang

Secara garis besar kata kunci ekor panjang memang tidak sebanyak jumlah klik pada kata kunci Short tail keyword, namun mencari kata kunci ekor panjang akan berdampak baik pada artikel Anda. Terkadang apa bila kata kunci utama (short tail keyword) tidak bisa menempati posisi utama, karena kata kunci ini tergolong kata kunci populer tentu tingkat kesulitan untuk menempati posisi utama sangat sulit, maka kata kunci ekor panjang akan membantu Anda untuk menempati posisi utama, karena tingkat pesaing tidak terlalu banyak makja akan sangat mudah untuk menempati posisi itu.

Contoh kata kunci ekor panjang yaitu cara melakukan optimasi seo on page yang baik atau bisa juga cara optimasi seo onpage pada website. Ketika Anda mencari kata kunci ekor panjang pastikan juga memiliki tingkat pencarian yang banyak dan sedikit kompetitor Anda, agar bisa menempati posisi pertama dan mendapatkan jumlah klik yang cukup lumayan.

Anda bisa menemukan kata kunci ekor panjang dengan menggunakan tools keywordtool.io atau bisa juga dengan tool satu ini yang cukup di gandrungi oleh para blogger, yaitu; ubersuggest.org.

- Menulis Artikel Panjang Kalau Bisa

Panjang, rinci,berguna dan inspirasi artikel yang mengikuti pedoman di atas, secara tidak sengaja akan memberi ekor panjang yang mungkin tidak terfikir oleh Anda saat melakukan riset kata kunci. Google sendiri juga menyukai artikel yang panjang dan relevan dengan mengupas tuntas sebuah masalah yang sedang di cari oleh pengguna internet.

Buatlah artikel yang sedetail mungkin tapi jangan membuat pembaca Anda bosan untuk membaca artikel Anda dan usahakan membuat kata kata yang unik agar pembaca suka dengan artikel Anda.

Perlu di catak semakin artikel panjang dan berguna semakin banyak kata kunci yang terkandung dan semakin banyak pula pengunjung yang datang. Panjang, rinci dan berguna adalah salah satu kunci sukses dari keberhasilan SEO blog Anda.

Terima kasih telah berkunjung ^_^
Semoga bermanfaat!

Berlangganan artikel lewat E-mail

Artikel Lainnya

Selanjutnya
« Artikel Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

- Dilarang menyertakan link hidup!, Spam tidak diperbolehkan!
- Untuk berkomentar gunakan bahasa yang sopan,, tidak kasar, dan mudah dimengerti EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.