Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android



Sejak smartphone mulai menjamur, internet pun berubah menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apalagi sejak internet mulai diaplikasikan dalam berbagai bidang kehidupan, kita jadi semakin ketergantungan dengan internet.

Makanya saat internet lambat, kita pun jadi uring-uringan karena jadi nggak bisa download dan eksis menggunakan media sosial lagi. Biar eksistensi kamu di internet nggak terganggu, saya ada nih trik untuk mempercepat koneksi Internet di Android.
BACA JUGA: CARA MENGUNCI JARINGAN 4G DI ANDROID

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

Selain dipengaruhi oleh operator penyedia jaringan Internet, kecepatan koneksi Internet di smartphone kamu juga ditentukan oleh hal lainnya. Makanya, yuk lakukan hal-hal berikut agar koneksi Internet di smartphone Android kamu semakin cepat!

1. Blokir Iklan

Sudah tahu kan kalo iklan itu menyedot hingga 80% kuota? Nah, selain bikin kuota boros, keberadaan iklan di suatu halaman web juga akan membuat internet jadi lemot karena harus memuat data yang lebih banyak. Makanya, untuk mempercepat koneksi Internet di smartphone Android kamu, coba kamu blokir iklannya.
cara-mempercepat-koneksi-internet 
Untuk memblokir iklan di browser, kamu bisa menggunakan browser yang dibekali Ad Blocker, seperti Opera Browser atau UC Browser. Sementara jika ingin memblokir semua jenis iklan di smartphone Android, kamu bisa menggunakan AdAway tapi smartphone kamu harus punya akses root.
BACA JUGA: CARA MENYALAKAN SMARTPHONE TANPA MENEKAN TOMBOL POWER

2. Kompres Gambar

Kebanyakan browser sudah dibekali dengan fitur Data Saving. Selain untuk menghemat kuota, fitur Data Saving ini berjasa besar untuk mempercepat koneksi Internet kamu. Dengan mematikan muatan gambar atau mengompres gambar di browser ke ukuran paling kecil, maka proses loading halaman akan semakin cepat.

cara-mempercepat-koneksi-internet-2

3. Hapus Cache

Saat ini, 80% aplikasi yang terinstal di smartphone Android pasti membutuhkan koneksi Internet untuk bisa berfungsi dengan pintar. Nah, seiring digunakan, aplikasi-aplikasi ini akan menyimpan Cache yang jika didiamkan akan semakin besar dan memberatkan performa smartphone kamu. Selain performa, cache yang menumpuk akan membuat proses muatan data menjadi berat.

cara-mempercepat-koneksi-internet-3
Agar koneksi Internet di smartphone Android kamu semakin cepat, rutinlah membersihkan cache-nya. Jika malah membuka satu per satu aplikasi yang terinstal, sesekali kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah menghapus cache lewat menu Settings - Storage - Cache, lalu pilih Clear Cache.
BACA JUGA: CARA MENGETAHUI PASSWORD WI-FI BANDARA DI SELURUH DUNIA

4. Gunakan VPN

Ada masanya koneksi Internet di suatu area sangat lemot, hingga dipake browsing saja kewalahan. Untuk mengakalinya, kamu bisa gunakan bantuan VPN untuk terhubung ke alamat IP di negara lain. Ya, selain bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah, mengubah alamat IP dengan VPN juga bisa mempercepat koneksi Internet kamu, asalkan terhubung dengan IP yang tepat.

cara-mempercepat-koneksi-internet-5

5. Atur User Agent

Kebanyakan website telah dibuat responsif agar bisa otomatis menyesuaikan tampilan jika dibuka di smartphone atau di komputer. Sayangnya kadang ada saja pengguna yang ngeyel ingin mencicipi tampilan web di komputer pada smartphone, sehingga membuat Internet-nya lambat. Nah, agar Internet di browser kamu semakin cepat, atur User Agent di browser menjadi Mobile. Tujuannya agar data dikompres sesuai untuk tampilan Mobile.
cara-mempercepat-koneksi-internet-6

6. Pakai Aplikasi 3G/4G Speed Optimizer

Untuk kamu yang smartphone-nya sudah di-root, kamu bisa mempercepat koneksi Internet hingga 200% dengan bantuan aplikasi 3G/4G Speed Optimizer. Aplikasi ini bekerja dengan cara memberikan tweak khusus yang memberikan kamu keleluasaan untuk mengatur dan memilih kecepatan koneksi Internet sesuai kebutuhan. Kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store.
cara-mempercepat-koneksi-internet-4

BACA JUGA: PENYEBAB LAMANYA ISI ULANG BATERAI SMARTPHONE
Dengan menerapkan cara-cara di atas, dijamin internetan di smartphone Android kamu nggak pake lemot lagi deh. Mudah kan cara mempercepat koneksi Internet di Android ini? Selamat mencoba ^_^

Berlangganan artikel lewat E-mail

Artikel Lainnya

Selanjutnya
« Artikel Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

- Dilarang menyertakan link hidup!, Spam tidak diperbolehkan!
- Untuk berkomentar gunakan bahasa yang sopan,, tidak kasar, dan mudah dimengerti EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.