Cara Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

Cara Mengatasi Layar Bergaris Pada Laptop

solusi mengatasi layar bergaris pada laptop
layar bergaris pada laptop

Layar laptop (LCD atau LED) mungkin merupakan salah satu komponen terpenting selain processor dan memori yang ada di laptop sehingga memungkinkan kita dapat melihat output yang dihasilkan oleh laptop kita. namun apa jadinya jika LCD laptop kita terdapat masalah sehingga menggangu tampilan pada layar kita seperti terjadi dead pixel atau bergaris atau bahkan mengakibatkan LCD laptop kita mati total.


pada kesempatan kali ini admin akan mencoba memberikan Solusi Bagaimana Memperbaiki layar laptop yang bergaris atau memiliki dead pixel. harapannya tentu semoga kamu bisa menggunakan laptop kamu dengan nyaman seperti semula tanpa ada gangguan pada tampilan di layar monitor kita.

Dead Pixel pada LCD

Sebelum kita dapat memperbaiki layar laptop yang bergaris atau dead pixel, terlebih dulu kita mengenal apa itu Dead Pixel. Dead pixel merupakan sebuah istilah yang dipakai ketika ada cacat yang biasanya berupa titik pada layar tersebut. Dead pixel bisa terjadi pada perangkat apapun yang memiliki layar LCD seperti layar monitor, TV flat, Smartphone dan lcd laptop. tapi perlu di perhatikan bahwa dead pixel maupun layar bergaris ini berbeda dengan VGA Artifact.

dead pixel
dead pixel
biasanya, dead pixel terjadi pada saat post production atau setelah keluar dari produksi yang berarti cacat terjadi pada bawaan pabrik, namun kini Dead pixel bisa terjadi tidak hanya pada saat proses produksi saja melainkan karena pemakaian yang bisa jadi terlalu lama, layar terlalu di tekan sehingga mengakibatkan garis - garis yang sangat menggangu. 

lcd garis garis
layar bergaris garis

Mengatasi LCD Bergaris pada laptop

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki layar bergaris pada laptop, yaitu diantaranya yaitu :
1. Reparasi Hardware
memperbaiki dead pixel dan layar bergaris dengan melakukan service di tempat reparasi. namun kita tidak membahas yang ini karena membutuhkan komponen elektronik tertentu.
2. Menggunakan Software
yup, kita dapat memperbaiki layar bergaris pada laptop menggunakan sebuah aplikasi yang bernama PixelRepairer v2.0.0, aplikasi ini dapat mendeteksi  adanya dead pixel sekaligus memperbaikinya tanpa perlu membongkar laptop kita sendiri.
yang perlu di persiapkan tentunya kamu harus memiliki aplikasi ini yang bisa kamu dapat kan di bawah ini :

setelah kamu download, selanjutnya kamu extract di manapun kamu suka. di dalamnya kamu akan menemukan 3 buah file. untuk mengatasi layar dead pixel dan bergaris, kamu jalankan aplikasi PixelRepairer.exe.

pilih pattern untuk tes dan analisa
pilih pattern untuk melakukan test

seperti pada gambar di atas, kamu diharuskan memilih pattern untuk mengetes apakah benar bahwa di layar kamu terdapat dead pixel atau layar bergaris. lalu kamu klik Enable, nanti layar monitor kamu akan berubah sesuai dengan warna atau pola yang kamu pilih. untuk keluar kamu cukup tekan tombol esc pada keyboard.

klik repair
klik repair

kamu tinggal menunggu prosesnya hingga selesai, mudah bukan ? memang tidak semua dead pixel atau layar garis - garis bisa di perbaiki dengan cara ini, jika LCD kalian masih belum bisa di perbaiki, maka cara satu - satunya adalah dengan membawanya ke service center  terdekat.
Demikianlah Cara Memperbaiki Layar Bergaris pada Laptop, semoga bermanfaat bagi kamu ^_^

Berlangganan artikel lewat E-mail

Artikel Lainnya

Selanjutnya
« Artikel Sebelumnya
Sebelumnya
Selanjutnya »

6 komentar

Write komentar
18 September 2016 pukul 16.04 delete

LCD Bergaris pada laptop, ini yang aku hadapi gan... Wah makasih infonya...

Reply
avatar
18 September 2016 pukul 17.00 delete

makasih gan infonya sangat bermanfaat

Reply
avatar
19 September 2016 pukul 14.56 delete

Ya, sama-sama bisa membantu ^_^

Reply
avatar
19 September 2016 pukul 14.57 delete

Ya, tertima kasih telah berkunjung :)

Reply
avatar
19 September 2016 pukul 15.13 delete

Sangat bermanfaat infonya gan ,makasih

Reply
avatar

- Dilarang menyertakan link hidup!, Spam tidak diperbolehkan!
- Untuk berkomentar gunakan bahasa yang sopan,, tidak kasar, dan mudah dimengerti EmoticonEmoticon

Diberdayakan oleh Blogger.